Memilih Souvenirs Pernikahan

Memilih Souvenirs Pernikahan

Souvenirs adalah barang yang diberikan pada para tamu undangan sebagai kenang-kenangan. Saat ini banyak sekali macam souvenirs yang bisa dipilih. Namun, sebaiknya souvenirs yang dipilih adalah barang-barang yang dapat dipergunakan oleh para tamu, tidak hanya sekedar sebagai pajangan. Perhatikan pula bahwa souvenirs yang dipilih sebaiknya yang ukurannya tidak terlalu besar, cukup untuk disimpan di dalam tas, misalnya : kipas, kaca, ballpoint, tempat lilin, tempat tissue, dll.

Rajin-rajinlah mencari ide jenis souvenirs di berbagai tempat, mulai dari mall, gift shop, sampai pasar tradisional. Berbagai jenis souvenirs dengan harga yang sangat murah bisa didapatkan di pasar asemka atau pasar jatinegara. Namun jenis souvenirs yang dijual umumnya seragam.

Tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri souvenirs pernikahan anda. Tempat tissue atau tempat koin adalah barang yang mudah dibuat dan cukup cantik untuk dijadikan souvenirs. Perlu diperhitungkan lamanya waktu pembuatan dan berapa banyak orang yang akan terlibat dalam pembuatan souvenirs tersebut. Bila anda membuat souvenirs pernikahan sendiri dengan pertimbangan untuk menghemat biaya, sebaiknya dilakukan perhitungan secara cermat, terutama harga bahan baku dan ongkos pekerja. Jangan-jangan biaya membuat souvenirs sendiri justru jauh lebih mahal dibandingkan anda membeli barang yang sama di pasar tradisional.

Sebagai kenang-kenangan, di dalam souvenirs pun sebaiknya tertera keterangan singkat meliputi minimal nama pengantin dan tanggal resepsi. Keterangan ini bisa melekat langsung pada souvenirs atau terikat pada kemasan souvenirs. Tanyakanlah pada supplier undangan anda untuk mencetaknya, karena umumnya keterangan ini ditambahkan sebagai bonus dari supplier undangan untuk anda.

Di beberapa pesta pernikahan saat ini souvenirs justru diberikan pada saat tamu hendak pulang. Caranya, setelah mengisi buku tamu, para undangan yang baru datang akan diberikan kupon souvenirs seukuran kartu nama. Kupon itulah yang akan ditukarkan dengan souvenirs di counter souvenirs, pada saat tamu-tamu hendak pulang. Cara ini sangat praktis, karena mengurangi kerepotan tamu yang harus membawa-bawa souvenirs selama menikmati pesta. (DLN)

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: