Catering

Catering

Boleh dibilang, makanan menjadi salah satu penentu kesuksesan pesta pernikahan. Quantity (jumlah) menjadi tolak ukur pertama, baru kemudian quality (rasa). Gedung-gedung pernikahan biasanya bekerjasama dengan beberapa perusahaan catering sebagai rekana. Apabila calon pengantin menggunakan perusahaan catering lain di luar rekanan gedung, maka calon pengantin akan dikenai biaya tambahan yang harus dibayarkan pada pihak gedung.

Setelah mendapat daftar catering rekanan gedung, yang pertama harus anda lakukan adalah menghubungi via telepon perusahaan-perusahaan tersebut. Tanyakan harga makanan prasmanan per orang nya. detail harga makanan termasuk harga makanan per gubug sebaiknya dikirimkan via email atau fax supaya bisa dipelajari terlebih dahulu.

Tanyakan pada pihak catering kapan anda bisa melakukan test food. Jangan pernah malas untuk melakukan test food di beberapa tempat. Test food dilakukan untuk mengetahui kualitas hidangan. Biasanya pihak catering akan mengundang anda test food di gedung resepsi pada saat mereka mensuplai makanan pernikahan. Namun ada juga pihak catering yang melakukan test food di kantor pusat nya. Ajaklah perwakilan kedua calon keluarga besar untuk ikut mencicipi.

Konsultasikan dengan pihak catering dalam memilih kombinasi menu. Pastikan jumlah makanan yang dipesan sesuai dengan jumlah tamu yang akan datang, bukan dari jumlah undangan yang disebar. Asumsikan bahwa 1 undangan akan dihadiri oleh 2 orang. Lebihkan jumlah porsi makanan yang dipesan sampai 25 % dari total tamu yang akan datang. Porsi tambahan ini sebaiknya dilebihkan di makanan prasmanan.

Pastikan bahwa anda paket makanan yang anda pesan sudah termasuk makanan dan minuman pelengkap seperti desert (pudding, buah) dan air minum (air putih, softdrink). Air putih biasanya diberikan dalam kapasitas yang tidak terbatas (free flow). Tanyakan pula bonus-bonus apa yang bisa anda dapatkan dari pihak catering seperti : ice carving inisial nama pengantin, chocholate fountain, cake, dll.

Pada saat resepsi, sebaiknya tunjuklah penanggung jawab dari pihak keluarga untuk mengawasi kelancaran catering. Yang terutama harus dipastikan adalah jumlah makanan yang dikeluarkan sudah sesuai dengan pesanan. (DLN).

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: