Mencari Tempat Resepsi Pernikahan

Mencari Tempat Resepsi Pernikahan

Bila waktu pernikahan sudah disepakati, maka langkah berikutnya adalah menentukan tempat / lokasi pernikahan. Bayangkan tempat seperti apa yang menjadi impian anda untuk menikah : pinggir pantai, taman, atau gedung kuno. Atau bisa juga tempat-tempat yang menjadi kenangan calon pengantin. Bagi sebagian orang, pemilihan lokasi pernikahan dapat menunjukkan prestise keluarga.

Menikah di rumah

Bila kediaman rumah dirasa cukup untuk menampung semua undangan, tidak ada salahnya pernikahan dilangsungkan di rumah. Keuntungannya jelas, menghemat budget pernikahan. Namun, sebagian kalangan yang mampu pun tidak sedikit yang menyelenggarakan resepsi di rumah. Hal ini lebih karena ingin membuat kediaman rumah menjadi salah satu tempat yang akan dikenang bagi calon pengantin, terutama bila mereka tidak tinggal di rumah itu kembali setelah menikah.

Hal penting yang kadang dilupakan bila menyelenggarakan resepsi pernikahan di rumah adalah meminta ijin. Tidak harus meminta ijin keramaian dari polisi setempat, cukup ketua RT / RW dan tetangga terdekat anda. Kelihatannya memang sepele. Namun calon pengantin harus sadar bahwa pesta yang diselenggarakannya mengundang banyak orang untuk datang. Secara tidak langsung akan menimbulkan kebisingan, atau penambahan jumlah sampah. Dengan meminta ijin berbagai pihak terkait, bukan tidak mungkin mereka akan membantu kelancaran jalannya pesta, misalnya dengan mencarikan lokasi parkir bagi kendaraan para tamu.

Menikah di gedung

Perkirakan jumlah tamu undangan. Bila dirasa kediaman rumah tidak akan cukup untuk menampung semua tamu undangan, maka aula / gedung pertemuan menjadi salah satu solusi. Saat ini banyak sekali ruangan yang disewakan untuk pernikahan. Bahkan hampir di semua hotel pasti menyediakan ruangan untuk resepsi pernikahan. Harga sewa ruangan di dalam hotel umumnya lebih mahal dibandingkan gedung pertemuan.

Langkah pertama membuat daftar tempat-tempat pernikahan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Sebisa mungkin carilah lokasi pernikahan di tengah kota, dengan akses yang gampang dituju, dan bukan menjadi sumber masalah seperti macet atau banjir. Pastikan di dalam undangan tertera peta lokasi dengan jelas.

Bila telah menemukan lokasi yang cocok, lakukan kontak dengan gedung dengan meneleponnya secara langsung. Dua hal penting yang harus ditanyakan pertama kali adalah : kapasitas gedung dan harga sewa. Mintalah pihak gedung untuk mengirimkan brosur / harga penawaran melalui fax atau email untuk anda pelajari.

Setelah mempelajari data-data yang dikirimkan pihak gedung, bila anda tertarik maka anda harus melakukan survey mengunjungi gedung tersebut, dengan perjanjian terlebih dahulu dengan pihak marketing / banquet. Saat melakukan survey, perkirakan bahwa kapasitas ruangan memang sesuai dengan jumlah tamu undangan. Lihatlah kualitas dan kuantitas fasilitas-fasilitas pendukung lainnya seperti toilet, ruang rias pengantin & keluarga, ketersediaan parkir, kapasitas sound system gedung, dll. Lakukan survey pada beberapa tempat sebagai perbandingan. Dan kalau anda punya waktu, ada baiknya anda hadir pada saat gedung menyelenggarakan resepsi pernikahan, supaya anda bisa membayangkan seperti itulah suasana pesta yang sebenarnya di ruangan tersebut.

Setelah menemukan gedung yang cocok dengan budget dan keinginan, pastikan tempat tersebut available dengan waktu pernikahan anda. Gedung / tempat favorit biasanya malah sudah dipesan para calon pengantin dari satu tahun sebelumnya. Biasanya pihak gedung akan meminta DP / uang muka sebagai tanda jadi pemesanan.

Penting untuk diketahui bahwa pihak gedung umumnya mempunyai beberapa rekanan seperti catering, pelaminan / dekorasi, dan fotografi. Tidak ada salahnya untuk memakai rekanan-rekanan tersebut sebagai vendor / supplier resepsi anda, karena umumnya bila calon pengantin memasukkan supplier lain yang bukan rekanan gedung, maka gedung akan mengenakan charge / tambahan biaya pada calon pengantin. (DLN)

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: